KUMPULAN ARTEFAK EMAS DARI SITUS WONOBOYO

Main Article Content

Timbul Haryono

Abstract


Barangkali antara penemuan barang-barang purbakala yang tergolong terbesar saat ini adalah temuan artefak-artefak emas di situs Wonoboyo, Klaten, Jawa Tengah. Temuan yang berjumlah sekitar 30 kg tersebut sungguh menakjubkan karena bukan saja oleh banyaknya barang akan tetapi juga oleh terungkapnya informasi baru akan beberapa aspek budaya masyarakat Jawa Kuna yaltu aspek-aspek teknologi dan aspek-aspek sosiologl dalam pengertian khusus. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh masyarakat secara umum berkenaan dengan temuan tersebut adalah berkisar tentang fungsi, milik siapa, dan berasal dari tahun berapa. Makalah ini akan mengungkap beberapa aspek budaya dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.


Article Details

How to Cite
Haryono, T. (2024). KUMPULAN ARTEFAK EMAS DARI SITUS WONOBOYO. Berkala Arkeologi , 13(3), 27–36. https://doi.org/10.30883/jba.v13i3.614
Section
Articles

References

Anonim. 1991. Penyelamatan Temuan Emas Wonoboyo. SPSP Jawa Tengah

Casparis. J.G.de. 1956. Selected Inscription from the 7th to 9th Century AD. Prasasti II. Bandung, Masa Baru.

Fontein, Jan. 1990. The Sculpture of Indonesia. Washington.

Haryono, Timbul. 1991. Benda-benda Emas dari Wonoboyo (Klaten): Tinjauan Tentang Fyngsi dan Pertanggalannya. Naskah Ceramah di Klaten 5 September 1991 ( tidak diterbitkan)

Haryono, Timbul, 1992. Logam Emas : Fungsi dan Maknanya Dalam Sistem Budaya Masyarakat Jawa Kuno Abad VIII-XV. Laporan Penelitian Fakultas Sastra Universitas Gadjah Mada ( sudah diterbitkan)

Hodges, Henry. 1964. Artifacts An Introduction to Early Material and Technology. London : John Baker

Kusen. 1991. The Gold Hoard of Wonoboyo A Heritage of Ancient Mataram Kingdom. Paperpada Ceramic Sosiety of Indonesia. Jakarta (tidak diterbitkan)

Miksic, John N. 1988. Small Finds : Ancient Javanese Gold. Singapore National Museum

Miksic, John N. 1990. Old Javanese Gold. Singapore Ideations

Stuttley, M. 1985. The Ilustrated Dictionary of Hindu Iconography. London : Routledge and Kegan Paul