ANALISIS SISA GAJAH DARI KECAMATAN TAMBAN, KABUPATEN BATOLA (KALIMANTAN SELATAN): SUATU PENGUMUMAN

Main Article Content

Rokus Due Awe

Abstract


Dalam tahun 1987 Pusat Penelitian Arkeologi Nasio­nal diminta untuk mengoreksi suatu temuan yang baru dilakukan oleh Bidang Permuseuman Sejarah dan Purba­kala Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebu­dayaan Propinsi Kalimantan Selatan. Penemuan tersebut dituangkan dalam sebuah laporan yang dilengkapi dengan beberapa buah foto dan denah lokasi penemuan. Di da­lam laporan itu diinformasikan bahwa berdasarkan ukur­an tulang yang besar-besar, tim yang bersangkutan me­nyatakan bahwa sisa-sisa binatang fosil yang ditemukan itu berasal dari suatu individu yang disebut sebagai go­rila. Setelah dilakukan pengamatan terhadap foto-foto yang dilampirkan, Pusat Penelitian Arkeologi Nasional mengidentifikasikan sebagai salah satu individu Bangsa Proboscidea (Bangsa berbelalai atau gajah).


Article Details

How to Cite
Due Awe, R. (2024). ANALISIS SISA GAJAH DARI KECAMATAN TAMBAN, KABUPATEN BATOLA (KALIMANTAN SELATAN): SUATU PENGUMUMAN. Berkala Arkeologi , 10(2), 21–30. https://doi.org/10.30883/jba.v10i2.541
Section
Articles

References

Bemmelen, R.W. van. 1970. The Geology of Indonesia. Vol. IA. Martinus Nijhoff/ The Hague.

Boer, L.E.M. de en Sondaar, P.Y. 1979. "De Evolutie van de Olifantachtigen. Museologia, No. 12 Vol. VI.

Heekeren, H.R. van. 1957. "The Stone Age of Indonesia." Verhandelingen KITLV, XXI. 's-Gravenhage.

Sukardi, Kresno Yulianto. 1984. Fauna Pada Relief Karmawibhangga Candi Borobudur. Universitas Indonesia, Jakarta.

Sartono, S. 1973. "On An Additional Stegodon Timorensis Sartono." Geological Survey of Indonesia, Vol. 5.

Sartono, S. 1987. "Migrasi Manusia Plestosen Indonesia: kaitannya dengan tektonik lempeng." Geologi Kuarter dan Lingkungan Hidup. Publikasi khusus No. 7.

Soejono. R.P. et. al., 1984. Sejarah Nasional Indonesia I. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. PN. Balai Pustaka, Jakarta.

Veevers, W. Carter. 1978. Mamalia Darat Indonesia. PT. Intermasa, Jakarta.

Zittel, Karl. A. van. Text-book of Palaeontology. Vol. III. Mamalia. Translated by Charles R. Eastman. Macmillan and Co. Ltd., St. Martins Street, London.

Bidang Muskala Kan. Wil. Depdikbud Prop. Kalsel. 1987. Temuan sisa binatang fosil di Kecamatan Tamban, Kabupaten Batala (Kalimantan Selatan).