KEMUNGKINAN PROSA BUBUKSAH SEBAGAI SASTRA LUAR KERATON

Main Article Content

Bambang Sulistyanto

Abstract


Tulisan ini mencoba mengungkapkan latar belakang sosial dari kalangan masyarakat yang melahirkannya. Artinya, apakah prosa Bubuksah dilahirkan oleh pujangga kalangan keraton atau sebalikriya dari kalangan luar-keraton. Oleh karena naskah Bubuksah itu sendiri hingga kini belum pernah diterbitkan dalam bentuk cetakan maupun terjemahan, maka sebagai dasar kajian ini hanya dibatasi pada ringkasan cerita sebagaimana yang disajikan oleh van Stein Callenfels (1919: 348-361). Diakui bahwa sumber data yang dipergunakan sangat lemah clan kurang memadai, oleh karena itu interpretasi yang diajukan di sini perlu sekali untuk selanjutnya dikaji dengan penelitian-penelitian yang lebih mendalam, dengan menggunakan data lain dan dari sudut pandangan lain.


Article Details

How to Cite
Sulistyanto, B. (2024). KEMUNGKINAN PROSA BUBUKSAH SEBAGAI SASTRA LUAR KERATON. Berkala Arkeologi , 7(2), 27–40. https://doi.org/10.30883/jba.v7i2.458
Section
Articles

References

Edi Sedyawati. 1985. Pengarcaan Ganesa Masa Kadiri dan Singasari: Sebuah Tinjauan Sejarah Kesenian. Disertasi. Universitas Indonesia.

Krom, N.J. 1916. "Over de dateering van eenige kawi geschriften", TBG LVII. Batavia: Albrecht & Co.

Krom, N.J. 1923. Inleiding tot de Hindoe-Javaansche Kunst II. 's-Hage: Martinus Nijhoff.

Pigeaud, Th. G. Th. 1924. De Tantu Panggelaran. Een Oud-Javaansche porza geschrift .'s-Gravenhage: Martinus Nijhoff.

Pigeaud, Th. G. Th. 1867 - 1967 .Literature of Jawa I dari II. Catalogue raisonne of Javanese manuscripts in the library of the University of Leiden and other public collections in the Netherlands. Leiden: The Hague, Martinus Nijhoff.

Rassers. W.H. 1982. "Ciwa dan Budha di Kepulauan Indonesia", dalam Civa dan Budha. Seri terjemahan LIPI - KITLV Jakarta: Djambatan, hlm. 35 - 67.

Sapardi Joko Damono. 1979. Sosiologi Sastra Sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta: Pusat Pembinaan Dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Satyawati Suleiman. Batur Pendopo Panataran. Jakarta: Proyek Penelitian Purbakala.

Soewito Santosa. 1974. Sutasoma, A Study in Javanese Wajrayana. New Delhi: International Academy of Indian Cultural.

Stein Callenfels, P.W. van. 1919. "Verklaring van Basrelief Series. De Bubuksah serie aan het pendopo-terras te Panataran", TBG LLVII. Batavia: Albrecht & Co. hlm. 348 - 361.

Swelengrebel, J.L. Korawasrama. 1936. Een Javaansche Proza Geschrift. V.H . PA. Mees Santport.

Teeuw & Robson. 1981. Kunjarakarma Dharmakathana. An old Javanese Poem Mpu Dusun. The Hague: Martinus Nijhoff.

Teeuw & Robson. et al. Siwara trikalpa of Mpu Tangkup. An Old Javanese poem, its Indian source and Balinese Illustrations. The Hague: Martinus Nijhoff.

Zoetmulder, P.J. 1983. Kalangwan, Sastra Jawa Kuna Selayang Pandang. Terjemahan oleh Dick Hartoko. Jakarta: Djambatan.