CATATAN SINGKAT MENGENAI UNSUR PERKOTAAN DI BLEGA

Main Article Content

Lucas Partanda Koestoro

Abstract


Suatu obyek menarik dalam penulisan sejarah Indonesia kuna berkaitan dengan masalah pemukiman. Pemukiman merupakan lingkungan tempat manusia hidup serta melakukan berbagai macam aktifitas. Atau lebih lengkap lagi, pemukiman dapat berarti sebagai tempat, ruang atau daerah tempat manusia berkumpul dan hidup bersama dengan memanfaatkan lingkungannya dalam mempertahankan, melangsungkan, dan mengembangkan hidupnya (Geertz, 1981: 53). Peninjauan arkeologi di Blega, Madura telah dilakukan oleh Balai Arkeologi Yogyakarta pada tahun 1982 berdasarkan informasi yang diberikan oleh Naroedji Achmad dan Basori, Staf Unit Pemugaran Makam Aermata.


Article Details

How to Cite
Koestoro, L. P. (2024). CATATAN SINGKAT MENGENAI UNSUR PERKOTAAN DI BLEGA. Berkala Arkeologi , 6(1), 67–82. https://doi.org/10.30883/jba.v6i1.437
Section
Articles

References

Djoko Soerjo, Kota-kota Di Jawa Pada Abad 17 - 19, Yogyakarta: Proyek Javanologi.

Geertz, Hildred. 1981. Aneka Budaya Dan Komunitas Di Indonesia. Jakarta: Yayasan Ilmu-Ilmu Sosial & FIS UI.

Goenadi Nitihaminoto & Novida Abbas. 1981/ 1982. Laporan Survai Pantai Utara Jawa Tengah Dan Jawa Timur. Yogyakarta: Balai Arkeologi Yogyakarta. Tidak diterbitkan.

Graaf, H.J. De & Th. G. Th. Pigeaud, 1974. "De Eerste Moslimse Vorstendommen Op Java" V.K.I., Deel 69. 's-Gravenhage: Martinus Nijhoff.

Hasan Muarif Ambary, 1977. Tinjauan Tentang Penelitian Perkotaan Banten Lama, Makalah dalam Pertemuan Ilmiah Arkeologi di Jakarta.

Lucas P. Koestoro, 1981/ 1982. Laporan Peninjauan Kepurbakalaan Di Arosbaya Dan Blega, Bangkalan. Yogyakarta: Balai Arkeologi Yogyakarta. Tidak diterbitkan.

Mundardjito, Hasan Muarif Ambary & Hasan Djafar, 1978. "Laporan Penelitian Arkeologi Banten 1976". Berita Penelitian Arkeologi, Nomor 18, Jakarta Proyek Penelitian dan Penggalian Purbakala.

Pa' Kamar, 1926. "Geschiedenis Van Madoera", Djawa, Tahun Keenam, Weltevreden: Java Instituut, hal. 231 - 250.

Sartono Kartodirdjo (Ed.), 1973. Sejarah Perlawanan-Perlawanan Terhadap Kolonialisme. Jakarta: Pusat Sejarah ABRI.

Sartono Kartodirdjo (Ed.), 1977 Masyarakat Kuno & Kelompok-Kelompok Sosial, Jakarta: Bairatara Karya Aksara.

Slametmulyana, Negarakertagama Dan Tafsir Sejarahnya, Jakarta: Bhratara Karya Aksara.

Soejatmi Satari, 1977. Beberapa Data Sebagai Sumbangan Untuk Penelitian Bekas Kraton Majapahit. Makalah dalam Pertemuan Ilmiah Arkeologi di Jakarta.

Soejatmi Satari, 1981. Penelitian Pola Pemukiman di Indonesia. Makalah dalam Rapat Evaluasi Metode Penelitian Arkeologi di Yogyakarta.

Sutjipto Tjiptoatmodjo, F.A., 1983. Kota-kota Pantai Di Sekitar Selat Madura (Abad XVII Sampai Medio Abad XIX), Disertasi pada UGM di Yogyakarta.