SEBUAH CATATAN TAMBAHAN TENTANG PREHISTORI IRIAN JAYA

Main Article Content

Goenadi Nitihaminoto

Abstract

Tulisan ini saya dasarkan atas tulisan R.P. Soejono yang berjudul Prehistori Irian Barat, ditufis tahun 1963. Tulisan ini dapat ditemukan dalam buku Penduduk Irian Barat dibawah redaksi Koentjaraningrat dan Harsja W. Bachtiar, halaman 39-54: Meskipun _tulisan tersebut hanya bersifat kompila tif, rasanya sudah cukup mewakili. Dalam kesernpatan ini saya ingin menambahkan tulisan itu berdasarkan hasil penelitian saya bersarna Dr. W.G. Solheim II, yang harnpir ineliputi seluruh Irian J aya. Dalam tulisan ini narna Irian Baral yang terdapat dalam tulisan tahun 1963 say a ganti dengan Irian J aya, sebuah nama yang djpakai sekarang.
 

Article Details

How to Cite
Nitihaminoto, G. (2024). SEBUAH CATATAN TAMBAHAN TENTANG PREHISTORI IRIAN JAYA. Berkala Arkeologi , 1(1), 1–23. https://doi.org/10.30883/jba.v1i1.273
Section
Articles

References

Bachtiar, Harsja W. "Sejarah Irian Barat", Penduduk lrian Barat, P.T. Penerbitan Universitas.

Bintarti, D.D. 1980. "Mungkinkah Doyo Lama sebagai situs

Megalithik", Pertemuan Ilmiah Arkeologi II (belum terbit).

Gunawan Wiradi & Sugeng Handjojo. 1962. "Tanah dan Pertanian di Irian Barat", Irian Barat. Staf Penguasa Perang Tertinggi.

Heekeren, H.R. van. 1972. The Stone Age of Indonesia, Verhandelingen van het Koninklijk lnstituut voor Taal-, Land-en Volkenkunde, 61.

Koentjaraningrat. 1963. "Lingkungan Alam",Penduduk.frian Baral,

P.T. Penerbitan Universitas.

---------------------. 1963. "Orang Timorini"; Penduduk Irian Barat,

P.T. Penerbitan Universitas.

Soejono, R.P. 1963. "Prehistori Iridtl Barat", Penduduk lrian Barat, P.T. Penerbitan Universitas.