PREDIKSI KEKUATAN STRUKTUR ALAT UJI GETARAN ENGINE LSU SERIES MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA (STRENGTH PREDICTION OF THE ENGINE VIBRATION TEST STAND OF LSU SERIES USING FINITE ELEMENT METHOD)

Authors

  • Fajar Ari Wandono Pusat Teknologi Penerbangan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional
  • Agus Harno Nurdin Syah Pusat Teknologi Penerbangan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional Jl. Raya LAPAN, Sukamulya, Rumpin, Bogor 16350 Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30536/j.jtd.2017.v15.a2505

Keywords:

karakteristik getaran, alat uji getaran engine, material ASTM A36, engine DA-170, metode elemen hingga, faktor keamanan, frekuensi pribadi, vibration characteristics, engine vibration test stand, ASTM A36 material, DA-170 engine, finite element method

Abstract

Untuk mengetahui karakteristik getaran dari kombinasi engine dan propeller yang digunakan pada LAPAN Surveillance UAV (LSU) series maka diperlukan sebuah alat uji yang disebut alat uji getaran engine (AUGE). Struktur AUGE harus dibuat kuat dan kaku untuk mendapatkan hasil uji getaran engine yang baik. Sebagai langkah awal telah dibuat sebuah AUGE yang terbuat dari material ASTM A36 yang berbentuk H setinggi 1 meter dengan bagian bawahnya dibaut ke sebuah lantai yang sudah diperkuat. Dengan menggunakan software metode elemen hingga dan memasukkan parameter engine DA-170 serta sifat mekanik ASTM A36 didapatkan bahwa struktur AUGE tersebut memiliki nilai faktor keamanan sebesar 26,24. Adapun lima nilai pertama frekuensi pribadi dari struktur tersebut adalah 61,94 Hz, 77,18 Hz, 93,79 Hz, 212,23 Hz dan 286,24 Hz.

References

Abdurohman, K., Sakti, R. B. & Silitonga, P. W., 2015. Normal Mode Analysis of N219 Wing for B-11 Configuration. Indonesia Book Project.

Brezina, A. J. & Thomas, S. K., 2012. Measurement of Static and Dynamic Performance, Ohio.

Desert Aircraft. https:// www.desertaircraft. com/products/da-170. Diakses 20 Oktober 2016.

Hibbeler, R., 2011. Mechanics of Materials. Pearson Prentice Hall.

Hidayat, D., Nugroho, A. & Wirawan, N., 2015. Optimasi Berat Struktur Tail Boom LSU-05 Akibat Tegangan Lentur dari Aspek Bentuk Penampang Geometri. Jakarta, Indonesia Book Project.

Kuntjoro, W., 2011. An Intorduction to The Finite Element Method. McGraw-Hill.

Mujtahid, 2015. Pemilihan Jenis Peredam (Damper) Pada Mounting Engine Pesawat LSU-03 Untuk Meredam Getaran Yang Terjadi. Jakarta, Indonesia Book Project.

Musa, U., Afolayan, M. & Dagwa, I., 2016. Finite Element Model for Predicting Residual Stressues in Shielded. Nigerian Journal of Technology (NIJOTECH).

Nastran, N., 2008. Basic Dynamic Analysis, User's Guide.

Nguyen, T. D., 2010. Finite Element Analysis of a Nose Gear During Landing, University of North Florida.

Purnomo, H. & Satrijo, D., 2011. Desain dan Analisa Impact pada Struktur Bumper Belakang Kendaraan SUV Dengan Metode Elemen Hingga. Jurnal Teknik Mesin Rotasi.

Satrijo, D., Suprihanto, A. & Kholil, A., 2005. Simulasi dan Analisa Modus Getar Pada Mesin Freis Type Vertical Milling dengan Menggunakan Program Bantu MSC Nastran. Jurnal Teknik Mesin Rotasi.

Soemaryanto, A. R., Anggraeni, D., Rahmadi, A. & Sumarna, E., 2014. Engine and Propeller Selection for Propulsion System LAPAN Surveillance UAV – 05 (LSU-05) using Static Thrust Calculation and Test.

Wandono, F. A., 2015. Pengaturan Ulang Arah Serat Spar Depan LAPAN Surveillance UAV-05 Menggunakan Finite Element Method. Jakarta, Indonesia Book Project.

Downloads

Published

07-07-2025

How to Cite

Wandono, F. A., & Syah, A. H. N. (2025). PREDIKSI KEKUATAN STRUKTUR ALAT UJI GETARAN ENGINE LSU SERIES MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA (STRENGTH PREDICTION OF THE ENGINE VIBRATION TEST STAND OF LSU SERIES USING FINITE ELEMENT METHOD). Indonesian Journal of Aerospace, 15(1 Juni), 71–80. https://doi.org/10.30536/j.jtd.2017.v15.a2505

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.