INTERNALIZING PANCASILA THROUGH POP CULTURE AND YOUTH COMMUNITY

Main Article Content

Ranny Rastati

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk memahami bagaimana cara menginternalisasikan nilai Pancasila di kalangan
generasi muda yaitu Milenial dan Generasi Z di Indonesia. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif
dengan wawancara mendalam, focus group discussion (FGD), dan studi literatur untuk pengumpulan data.
Penelitian dilakukan pada Mei 2021 hingga Januari 2022. Berdasarkan hasil penelitian lapangan, salah satu
metode yang aplikatif untuk menginternalisasikan nilai Pancasila di kalangan anak muda adalah melalui budaya
pop seperti film, animasi, dan musik. Selain itu, komunitas anak muda dengan kegiatan offline dan online seperti
sekolah Pancasila, konten positif di media sosial berbentuk vlog, meme, video pendek, dan donasi kemanusiaan.
Melalui Pancasila, bangsa Indonesia belajar nilai toleransi dan saling menghormati. Proses tidak indoktrinatif
membuat nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dapat dipahami oleh generasi muda dan diimplementasikan
sebagai sikap keseharian.

Article Details

How to Cite
Ranny Rastati. (2025). INTERNALIZING PANCASILA THROUGH POP CULTURE AND YOUTH COMMUNITY. Jurnal Masyarakat Dan Budaya, 24(2), 219–230. https://doi.org/10.55981/jmb.2022.1601
Section
Articles

References

Abi, A. R. (2017). Paradigma Membangun Generasi Emas Indonesia Tahun 2045. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(2), 85–90. https://doi.org/10.17977/um019v2i22017p085

Alhudawi, U., & Malihah, E. (2020). Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 241–251. http://journal2.um.ac.id/index.php/jppk/article/view/7820/3749

Asmaroini, A. P. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Bagi Siswa Di Era Globalisasi. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(2), 440–450. https://doi.org/10.25273/citizenship.v4i2.1077

Asmaroini, A. P. (2017). Menjaga Eksistensi Pancasila dan Penerapannya Bagi Masyarakat di Era Globalisasi. JPK: Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(2), 50–64.

Bappenas. (2019). Indonesia 2045: Berdaulat, Maju, Adil dan Makmur. https://www.bappenas.go.id/files/Visi Indonesia 2045/Ringkasan Eksekutif Visi Indonesia 2045_Final.pdf

DetikNews. (2017). UKP Pancasila Gunakan Budaya Pop untuk Sentuh Masyarakat. https://news.detik.com/berita/d-3525189/ukp-pancasila-gunakan-budaya-pop-untuk-sentuh-masyarakat

Heryanto, A. (2014). Identitas dan Kenikmatan, Politik Budaya Layar Indonesia. Kepustakaan Populer Gramedia.

Istiqomah, A. (2020). Ancaman Budaya Pop (Pop Culture) Terhadap Penguatan Identitas Masyarakat Urban. Jurnal Politik Walisongo, 2(1), 47–54. https://doi.org/10.21580/jpw.2020.2.1.3633

Ito, A. I. (2016). Efek Membangun Pendidikan Karakter di Lingkungan Perguruan Tinggi: Strategi, Budaya, dan Kinerja. Jurnal Rontal Keilmuan PPKn, 2(1), 1–14.

Kompas. (2016, April 7). Zaskia Gotik Dipilih Jadi Duta Pancasila. https://entertainment.kompas.com/read/2016/04/07/154738310/Zaskia.Gotik.Dipilih.Jadi.Duta.Pancasila

Latif, Y. (2011). Negara Paripurna: Historisitas, Rasionalitas, dan Aktualitas Pancasila. Gramedia Pustaka Utama.

Latif, Y. (2018). Identitas Keindonesiaan dan Aktualisasi Pancasila bagi Generasi Milenial di Era Digital. Jurnal Kajian Lemhannas RI, 33, 5–19.

Latif, Y. (2020). Wawasan Pancasila. Mizan.

Liputan6. (2019). Sekolah Pancasila, Cara Ampuh Tanamkan Nilai-Nilai Pancasila di Generasi Milenial. https://doi.org/10.31227/osf.io/dt2hg

Maulana, A. (2020). Strategi Khusus Mengamalkan Pancasila di Generasi Milenial. 13 Agustus 2020. https://www.unpad.ac.id/2020/08/perlu-strategi-khusus-mengamalkan-pancasila-di-generasi-milenial/

Nanggala, A., & Malihah, E. (2020). Peran Tradisi Irung-Irung dalam Memperkuat Civic Engagement Generasi Muda di Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 1–16. https://doi.org/10.17977/um019v5i1p1-16

Parhan, M., & Sukaenah. (2020). Pendekatan Kontekstual Dalam Meningkatkan Pembelajaran a Contextual Approach To Improving Pancasila and Civic Education. Jurnal Ilmiah Pendidian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(2), 360–368.

Perpusnas. (n.d.). Naskah Pidato Soekarno. https://kepustakaan-presiden.perpusnas.go.id/speech/?box=detail&id=39&from_box=list_245&hlm=1&search_tag=&search_keyword=&activation_status=&presiden_id=1&presiden=sukarno

Purwanto, Y., Saepudin, E., Munaf, D. R., Haq, S. Z., Bandung, I. T., Ganesha, J., & Bandung, N. (2020). PANCASILA DAN TASAWUF VIS-À-VIS KORUPSI : PENDEKATAN MORAL- SPIRITUAL DALAM MELAWAN ‘ MUSUH BERSAMA ’ PENDAHULUAN Power tends to corrupt , and absolute power corrupts absolutely adalah sebuah ungkapan Lord Acton yang masih dipandang relevan untuk menggamb. Jurnal Sosioteknologi, 19(1), 56–71.

Putra, Y. S. (2016). Theoritical Review: Teori Perbedaan Generasi. Among Makarti, 9(18), 123–134.

Rahman, A., & Suharno, S. (2019). Pelaksanaan Pendidikan Politik Melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Meningkatkan Kesadaran Politik Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(2), 282–290. https://doi.org/10.17977/um019v4i2p282-290

Rastati, R. (2016). Bentuk perundungan siber di media sosial dan pencegahannya bagi korban dan pelaku. Jurnal Sosioteknologi ITB, 15(2), 169–186. http://journals.itb.ac.id/index.php/sostek/article/view/2363/1518

Rastati, R. (2018). Media Literasi Bagi Digital Natives: Perspektif Generasi Z di Jakarta. Kwangsan Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(1), 60–73.

RI, B. P. M. (2018). Survei Nasional Efektivitas Pelaksanaan Sosialisasi Empat Pilar dan Ketetapan MPR RI 2018 (Desember 2, Issue 08121379579). Badan Pengkajian MPR RI. https://www.csrc.or.id/storage/archive/1613543996.pdf

Riswanto, D. (2019). Penguatan Nilai-Nilai Pancasila Dan Kebangsaan Kepada Peserta Didik Pada Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(1), 13–19. https://doi.org/10.36412/ce.v3i1.903

SindoNews. (2021a). Menanamkan Nilai Ideologi lewat Sekolah Digital Pancasila. https://edukasi.sindonews.com/read/445316/211/menanamkan-nilai-ideologi-lewat-sekolah-digital-pancasila-1622714806

SindoNews. (2021b, April 29). Membumikan Kembali Pancasila di Kalangan Milenial. https://nasional.sindonews.com/read/411886/15/membumikan-kembali-pancasila-di-kalangan-milenial-1619611474

Tazri, M. (2019). Cebong Dan Kampret Dalam Pespektif Komunikasi Politik Indonesia. Perspektif Komunikasi, 3(1), 1–7.

Utama, W. S. (2014). Ulasan Buku Pancasila: Sebuah Monumen atau Leitstar Dinamis? Lembaran Sejarah, 11(1), 99–108.

Wibowo, A. P. (2020). Upaya Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dalam Mentransformasikan Nilai-Nilai Pancasila pada Kader. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 33–41. https://doi.org/10.17977/um019v5i1p33-41

Yurisdika, A. D. (2019). Strategi Penanaman Nilai-Nilai Persatuan dan Kesatuan Pada Siswa. Jurnal Rontal Keilmuan PKn, 5(2), 32–46