ANALISIS DEFLEKSI DAN TEGANGAN STRUKTUR ROKET RX-320 PADA WAKTU HANDLING DENGAN METODE ELEMEN HINGGA (FEM)

Authors

  • Sugiarmadji HPS Peneliti Bidang Struktur Mekanika, Pusat Teknologi Wahana Dirgantara, LAPAN
  • Setiadi Peneliti Bidang Struktur Mekanika, Pusat Teknologi Wahana Dirgantara, LAPAN

Keywords:

Tegangan dan lendutan, Handling roket, Metode Elemen Hingga

Abstract

Analisis kekuatan struktur pada waktu handling roket perlu dilakukan, seperti ketika akan menjalani penimbangan untuk mencari letak c.g (center of gravity) roket ataupun ketika roket diletakkan di atas launcher. Roket biasanya diangkat dengan menggunakan katrol yang dilengkapi dua buah clamp. Analisis defleksi dan tegangan yang terjadi akan dilakukan dengan menggunakan bantuan perangkat lunak berbasis Metoda Elemen Hingga (Finite Element Methods/FEM). Hasil analisis defleksi dan tegangan struktur roket RX-320, menunjukkan terjadinya tegangan geser maksimum sebesar maks = 85.188,71 Pa. Oleh karena itu bahan tabung masih aman sekali terhadap beban yang bekerja. Tegangan geser ini dapat mempengaruhi lapisan liner dan propelan roket. Besarnya defleksi maksimum pada struktur roket adalah sebesar 5.1903E-3 mm yang terjadi pada nodal no. 25373. Lokasi ini berada di ujung struktur nose cone. Besarnya defleksi di daerah struktur tabung, harganya relatif kecil. Oleh karena itu, pengaruh terjadinya defleksi terhadap propelan dan liner masih bisa diabaikan. Namun demikian, selama menjalani handling, roket harus diperlakukan dengan hati-hati, sehingga propelan dan liner tidak mengalami keretakan.

References

-

Downloads

Published

09-07-2025

How to Cite

Sugiarmadji HPS, & Setiadi. (2025). ANALISIS DEFLEKSI DAN TEGANGAN STRUKTUR ROKET RX-320 PADA WAKTU HANDLING DENGAN METODE ELEMEN HINGGA (FEM). Indonesian Journal of Aerospace, 7(2). Retrieved from https://ejournal.brin.go.id/ijoa/article/view/12246

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.