ANALISIS CFD KARAKTERISTIK AERODINAMIKA PADA SAYAP PESAWAT LSU-05 DENGAN PENAMBAHAN VORTEX GENERATOR (ANALYSIS OF CFD AERODYNAMIC CHARACTERISTICS AT THE WING OF AIRCRAFT LSU-05 WITH THE ADDITION OF VORTEX GENERATOR)
DOI:
https://doi.org/10.30536/j.jtd.2017.v15.a2518Keywords:
vortex generator, LSU-05, karakteristik aerodinamika, CFD, aerodynamic characteristicsAbstract
Pesawat LSU-05 adalah salah satu pesawat tanpa awak (UAV) yang sedang dikembangkan oleh Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN, yang mempunyai misi untuk kegiatan penelitian, observasi, patroli, pengawasan perbatasan wilayah, dan investigasi bencana alam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan vortex generator terhadap karakteristik aerodinamika dari sayap Pesawat Tanpa Awak LSU-05. Metode yang digunakan adalah analisis numerik dengan simulasi CFD untuk memprediksi karakteristik aerodinamika dan fenomena aliran yang terjadi. Model yang digunakan adalah sayap pesawat LSU-05 tanpa vortex generator dan dengan vortex generator yang didesain dengan software CATIA. Simulasi menggunakan software ANSYS Fluent untuk mengetahui perubahan karakteristik aerodinamika sayap setelah penambahan vortex generator seperti koefisien lift dan koefisien drag. Hasil yang diperoleh dari penelitian penambahan vortex generator pada sayap Pesawat LSU-05 adalah peningkatan nilai koefisien lift maksimum sayap dari 1,26450 menjadi 1,34840 atau naik sebesar 0,0839 (6,63%), peningkatan nilai koefisien drag pada sudut serang -9â° s/d 11â°, penurunan nilai koefisien drag pada sudut serang 12â° s.d 15â° dan peningkatan sudut stall sayap dari 11â° menjadi 14â° atau naik sebesar 3â° (27,7 %).
References
Andrew, S., 2011. Europe Paten No. EP1907279 B1.
Atik Bintoro, Gunawan S.P., 2013. Penelitian dan Kajian Teknologi Pesawat Terbang. Jakarta: Indonesia Book Project (IBP).
CATIA, Software Package, Ver. 5.21, Dessault System. (1998 - 2011).
FLUENT, Software Package, Ver. 6.3, ANSYS, Inc. (2011).
http://airfoiltools.com/airfoil/details?airfoil=naca4415-il. (t.thn.).
John D., Anderson, J., 2010. Fundamentals of Aerodynamics. New York: 5rd Edition McGraw-Hill.
Kroo, I. (t.thn.). Viscosity and Boundary Layers. Diambil dari http://adg.stanford.edu/ aa200b/blayers/blayers.html.
Lin, J. C., 2002. Review of Research on Low-Profile VOrtex Generators to Control Boundary-Layer Separation, Progress in Aerospace Sciences. Diambil dari http:// fluid.nuae.nagoya-u.ac.jp/stdexp/ 2013/ transonic/document/low-profile%20 vortex%20generators.pdf.
Pramutadi, A. M., 2013. Laporan Kemajuan Class II UAV + part 2, Laporan Teknis. Bogor: LAPAN.
Romadhon, A., 2016. Analisis Karakteristik Aerodinamika Pengaruh Penambahan Vortex Generator Pada Sayap Pesawat Tanpa Awak LSU-05 Dengan Simulasi CFD (Skripsi). Bandung, Indonesia: Universitas Nurtanio Bandung.
Skopinski, J., 2010. Vortex Generators. Diambil dari Aero-Service: http://www.vortex-generators.com/vortex-generators.html.
Tuakia, F., 2008. Dasar-Dasar CFD Menggunakan Fluent. Bandung: Informatika.
Udris, A., 2015. Vortex Generators: Preventing Stalls at High And Low Speeds. Diambil dari http://www. boldmethod. com/ learn-to-fly/aerodynamics/vortex-generators/.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Author(s)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.