SIFAT-SIFAT PEREKAT TANIN FORMALDEHIDA DARI BAGIAN CABANG BAKAU HITAM (Rhizophora mucronata) Properties of Tannin Formaldehyde Adhesive Made of Part of Branches Wood of Black Mangrove (Rhizophora mucronata)

Main Article Content

Arif Nuryawan
Lia Anggraini Ritonga
Mohammad Basyuni
Iwan Risnasari
Arida Susilowati

Abstract

Bakau hitam (Rhizophora mucronata) yang tumbuh di hutan mangrove bermanfaat dalam menahan abrasi dan tempat berkembangnya biota laut. Untuk mempertahankan fungsi ini dan supaya hutan mangrove tetap lestari, hanya bagian kayu cabang yang dimanfaatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi bagian cabang bakau hitam untuk diekstraksi kandungan taninnya sebagai bahan baku perekat kayu. Pada penelitian ini dibedakan asal taninnya, yaitu dari bagian kulit, kayu, dan campuran kulit dan kayu yang diperoleh melalui ekstraksi menggunakan panci presto (pressure cooker) pada tekanan 10-15 psi selama 30 menit pada suhu 116-121°C. Metode sintesis meliputi pengeringan, konversi, ekstraksi tanin, pembuatan perekat tanin formaldehida, dan karakterisasi perekat tanin, yang meliputi kenampakan, pH, viskositas, berat jenis, kadar solid, waktu gel, dan kandungan emisi formaldehida. Hasil ekstraksi tanin menunjukkan rendemen tanin yang diperoleh pada ekstraksi kulit (9,32%) > kulit+kayu (5,95%) > kayu (3,28%). Oleh karena itu pembuatan perekat tanin formaldehida dan karakterisasinya berdasarkan Standar Nasional Indonesia 06–4567–1998 untuk resin phenol formaldehyde (PF) hanya dilakukan pada rendemen yang tertinggi yaitu kulit.  Penampakan perekat tanin formaldehida asal kulit yang dihasilkan berupa cairan berwarna merah terang kehitaman, agak kental, terdapat butiran/kotoran, dan pH-nya 10,18 (basa). Kekentalannya 70,6 cps, berberat jenis 1,137, kadar solid 27,54%, periode gel 44 menit, dan kandungan formaldehida bebasnya 5,04%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan: 1) bagian cabang bakau hitam (R.mucronata) yang memiliki kandungan tanin tertinggi ada pada bagian kulit; 2) ekstraksi tanin menggunakan panci presto bisa diterapkan sehingga menghemat waktu ekstraksi; 3) Sifat-sifat perekat tanin formaldehida yang dihasilkan mirip dengan perekat PF hanya lebih encer. 

Article Details

How to Cite
Nuryawan, A., Ritonga, L. A., Basyuni, M., Risnasari, I., & Susilowati, A. (2023). SIFAT-SIFAT PEREKAT TANIN FORMALDEHIDA DARI BAGIAN CABANG BAKAU HITAM (Rhizophora mucronata) : Properties of Tannin Formaldehyde Adhesive Made of Part of Branches Wood of Black Mangrove (Rhizophora mucronata) . Jurnal Penelitian Hasil Hutan, 41(3), 149–156. https://doi.org/10.55981/jphh.2023.2564
Section
Articles