APLIKASI CFD DALAM PENENTUAN PERFORMA MESIN TURBOFAN MODEL CFM56-5B YANG MENGALAMI CACAT PADA KIPAS UNTUK KEPUTUSAN MAINTENANCE
DOI:
https://doi.org/10.30536/j.jtd.2016.v14.a2945Keywords:
Bilah kipas CFM56-5B, Kerusakan dent, CFD Numeca, Efisiensi Kipas, Performa mesinAbstract
Penelitian ini membahas mengenai kajian kerusakan yang terjadi pada bilah kipas mesin turbofan CFM56-5B. Kerusakan tersebut memerlukan adanya sebuah keputusan maintenance, apakah bilah kipas tersebut masih layak digunakan ataukah perlu di repair atau diganti. Meskipun regulasi menetapkan bahwa kerusakan tersebut masih dapat diterima, namun perlu ditinjau dari segi performanya, apakah kipas masih dapat memberikan performa yang baik atau tidak. Kajian dilakukan dengan menyimulasikan model bilah kipas CFM56-5B pada kondisi baik dan cacat pada perangkat lunak CFD-Numeca di kondisi take-off dan cruise. Cacat pada bilah berupa dent dengan kedalaman 0.069†dan terletak seragam di semua bilah pada 70% span bilah di bagian leading edge sebagai simulasi kerusakan akibat adanya bird strike. Simulasi numerik dilakukan dengan kondisi pemodelan aliran steady, dan menggunakan model turbulen Spallart-Allmaras. Hasil simulasi numerik menunjukkan adanya penurunan performa mesin pada Thrust di kondisi take-off sebesar 14% dan penurunan efisiensi sebesar 16%, sedangkan pada kondisi cruise, penurunan Thrust dan efisiensi berturut-turut adalah sebesar 55%, dan 54%. Penurunan Thrust pada saat take-off berdasarkan regulasi AC 25-13 adalah aman dan tidak perlu dilakukan repair atau replacement. Namun, meskipun aman, mesin akan boros bahan bakar ketika berada dalam kondisi cruise sehingga perlu dilakukan repair atau replacement. Penentuan keputusan maintenance jika didasarkan pada regulasi AC 25-13 pada akhirnya adalah tidak diperlukannya repair atau replacement pada bilah kipas.
References
B763 , 2013. Melbourne Australia, 2006 (BS
LOC), skybrary, www. skybrary.aero/
index.php/b763, Melbourne_ Australia_
_(BS_LOC).
CFM Mesin 56-5B Maintenance Manual,
CFM International.
Cohen, H.R. and HIH. Saravanamuttoo, 1996.
Gas Turbine Mesin, Longman Group
Limitted, England.
Federal Aviation Regulation CFR 14 , AC-25-
, 1988, FAA.
Fischer, U., 2010. Mechanical and Metal
Trades Handbook 2nd, S.l: Verlag EropaLehrmittel.
Hall, Nancy., 2015. "Turbofan Engine". Glenn
Research Center. NASA.
James A.T. and S.L. Jonathan, 2004. Foreign
Object Damage Event Detector Data
Fusion System for Turbofan Mesin,
NASA Technical Report, NASA/TM—
-213192.
Mabaso, A., 2011. Mesin safety : bird be gone,
Flight Global, http : //www.flightglobal.
com/news/articles/mesin-safety-birdsbe-gone-354209.
Mattingly, J. D.and Hans von Ohain, 2006.
Elements of Propulsion: Gas Turbines
and Rockets, AIAA Education Series,
Reston, Virginia, USA
Numeca User Manual, 2015. Fine Turbo User
Manual, Numeca International.
Winfrey, R.W., 2013. The Aplication of
Computational Fluid Dynamics to Jet
Mesin Inlet Flow Quality, Undergraduate
Thesis, Ohio State University.
Wiranto, A., 2002. Pengantar Turbin Gas dan
Motor Propulsi, Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Vicky Wuwung, Puspa Wandani, Carolus Bintoro

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


