"TRADISI JAMASAN PUSAKA BENDE DAN NILAI PENDIDIKAN ISLAM DI BUMIJAWA, TEGAL: SEBUAH ANALISIS KULTURAL"
DOI:
https://doi.org/10.55981/tambo.2024.8724Keywords:
Nilai, Pendidikan Islam, Tradisi Jamasan Pusaka BendeAbstract
Pendidikan Islam merupakan sebuah konsep pendidikan yang berlandaskan pada nilai-nilai dan ajaran agama Islam. Pendidikan Islam tidak hanya dilembaga formal saja, tetapi juga dapat diperoleh dilingkungan non-formal pada lingkup masyarakat yang dapat dimanfaatkan sebagai pembelajaran. Seperti halnya tradisi jamasan pusaka bende yang ada di Desa Bumijawa, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, pada tradisi tersebut adanya nilai-nilai pendidikan Islam di dalamnya. Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan tradisi jamasan pusaka bende di Desa Bumijawa, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal dan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam tradisi tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data dalam kajian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam kajian ini meliputi reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga nilai pendidikan Islam pada tradisi jamasan pusaka bende meliputi: Nilai tauhid, berupa meng-esa-kan Allah yakni berdoa hanya pada Allah SWT semata, dan pembacaan sholawat Nabi. Nilai ibadah meliputi berdoa dan berzikir. Nilai akhlak, meliputi tolong menolong, bersyukur dan sedekah.
References
Anto, Rola Pola, dkk. (2024) Metode Penelitian Kualitatif: Teori Dan Penerapannya, (Jakarta:
Tahta Media Grup).
Amaliyah, Arta. dkk. (2022). Penafsiran Ayat dan Hadist Sedekah dalam Prespektif Islam. Vol 2, No 1.
Arifah, Desi Nur, dkk. (2021). Relasi Pendidikan Islam dan Budaya Lokal: Studi Tradisi
Sadranan. vol. 3.
Arisky, Leariska, dkk. (2024). Tradisi Jamasan Pusaka pada Bulan Suro: Penggabungan Nilai
Budaya Jawa dan Ajaran Agama Islam, Jurnal Penelitian Agama dan Masyarakat, vol. 8, no. 1.
Awwaliyah, Robiatul, dkk. (2020), Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan
Nasional (Telaah Epistimologi Terhadap Problematika Pendidikan Islam). Vol.
19 No. 1.
Azis, Donny Khoirul. (2013). Akulturasi Islam dan Budaya Jawa. Vol 1 No 2.
Buhori. (2017). Islam dan Tradisi Lokal di Nusantara (Telaah Kritis Terhadap Tradisi Pelet
Betteng Pada Masyarakat Madura Dalam Perspektif Hukum Islam). Vol. 13, no. 2.
Elmubarok, Zaim. (2013). Membumikan Pendidikan Nilai: Mengumpulkan yang Terserak,
Menyambung yang Terputus dan Menyatukan yang Tercerai, Bandung: Alfabeta.
Erry N. (2020). Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Tradisi Jawa (Kajian Historis
Pendidikan Islam dalam Dakwah Walisanga). Vol. 8 No. 1.
Firmansyah. (2022). Tinjauan Filosofis Tujuan Pendidikan Islam. Vol. 5, no. 1.
Habieb, Anida H, dkk. (2022), Tradisi Jamasan Pusaka di Desa Ngliman Kecamatan
Sawahan Kabupaten Nganjuk (Kajian Nilai Sosial dan Budaya). Vol. 3, no. 1.
Hambal, Muhammad. (2020). Pendidikan Tauhid dan Urgensinya Bagi Kehidupan Muslim.
vol. 9, no. 1.
Hidayah, Hikmatul. (2023). Pengertian Sumber, dan Dasar Pendidikan Islam. vol. 3, no. 1.
Ilafi, Afiliasi. (2020). The Tradition of the Heirloom Jamasan and the Golden Chariot in the
Pemalang Regency. vol. 6, no. 1.
Indana Nurul, dkk. (2020). Nilai-nilai Pendidikan Islam (Analisis Buku Misteri Banjir Nabi
Nuh Karya Yosep Rafqi. Vol 2 No 2.
Ismaya, Nada, dkk. (2020). Nilai-nilai Pendidikan Islam Dalam Tradisi kendurei Dulang Pat.
Vol. 2, no. 3.
Na’im, Zainudin, dkk. (2021). Manajemen Pendidikan Islam, Bandung: Widina Bhakti
Persada.
Nikmah, Nurul Fauzatun. (2020). Nilai-nilai Pendidikan Islam Dalam Tradisi Sedekah Bumi
Di Dusun Jogowono Desa Donorejo Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo
Tahun 2020.
Nur Uhbiyati, (2019). Ilmu Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka setia.
Priambadi Kabul, dkk. (2018). Tradisi Jamasan Pusaka di Desa Baosan Kidul Kabupaten
Ponorogo (Kajian Nilai Budaya dan Sumber Pembelajaran Sejarah). vol. 8 no. 2.
Ristianah, Niken. (2020). Internalisasi Nilai-nilai Keislaman Perspektif Sosial
Kemasyarakatan. Vol. 3 No 2.
Roqib, Moh. (2021). Ilmu Pendidikan Islam Pengembangan Pendidikan Integratif di Sekolah,
Keluarga dan Masyarakat, Yogyakarta: LKiS Pelangi Aksara.
Safera Damar, dkk. Tradisi Suroan Sebagai tapak Tilas Walisanga (Studi di desa Jatirejo
Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang). Vol. 3, No. 1.
Sayuti, Ujang. dkk. (2022), Hakikat Pendidikan Islam. vol. 05, no. 01.
Sugiarto, Wira. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Tradisi Al-Berzanji Pada Masyarakat Desa Wonosari Kecamatan Bengkalis Kabupaten Bengkalis. Vol. 10, no. 2.
Sugiyono, Djoko. (2010). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. In Penerbit Alfabeta.
Suryadi, Rudi Ahmad. (2022). Al-Qur’an Sebagai Sumber Pendidikan Islam. vol. 20, no. 2.
Sutarjo (2022), Pembelajaran Nilai-nilai Karakter, Bandung: Rajawali Press.
Tilaar. (2002). Pendidikan, Kebudayaan dan Masyarakat Madani Indonesia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Umam, Choerul. (2020). Nilai-nilai Pendidikan Islam Dalam Tradisi tingkep Tandur Di Desa
Sukodadi Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal Tahun 2020.
Zulkarnain. (2015). Laporan Akhir Unggulan Perguruan Tinggi (Pendidikan Pembelajaran
Berbasis Nilai-nilai Tradisi Lokal Masyarakat sebagai Media Pendidikan). vol. 15, no 2.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tambo: Journal of Manuscript and Oral Tradition

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.